4 Perbedaan Pengiriman Barang Ekspedisi dan Cargo

Pengiriman barang antar pulau sudah lama dan banyak dilakukan  di kalangan pedagang untuk mengirimkan produk-produk mereka, atau juga kegiatan yang berkaitan dengan ekspor dan impor. Banyaknya jenis transportasi yang telah tersedia baik via darat, laut, maupun udara memberikan kemudahan dan juga efektivitas dalam setiap proses pengiriman.

Dalam sektor jasa pelayanan pengiriman barang terdapat istilah yang biasanya sering digunakan, yaitu pengiriman ekspedisi dan pengiriman cargo. Lalu apakah perbedaan diantara kedua istilah tersebut? Kedua istilah tersebut tetap memiliki beberapa perbedaan, meskipun pada dasarnya keduanya memiliki tujuan pelayanan yang sama, yaitu pelayanan mengirimkan barang.

Tidak ada perbedaan di antara keduanya selain pandangan masyarakat yang berfikir bahwa pengiriman secara ekspedisi merupakan pengiriman barang dalam skala yang relatif kecil. Lain halnya dengan pengiriman barang cargo yang dikatakan merupakan pengiriman barang yang relatif banyak dan dalam skala yang juga relatif lebih besar dibandingkan dengan pengiriman barang ekspedisi.

PERBEDAAN ANTARA PENGIRIMAN EKSPEDISI DAN PENGIRIMAN CARGO

Kita telah menyebutkan sebelumnya, bahwa sebenarnya tidak ada perbedaan antara pengiriman barang ekspedisi dan juga pengiriman barang cargo. Keduanya dapat dikatakan sama, yaitu memberikan jasa pengiriman dan juga mendistribusikan barang pada alamat tujuan. Akan tetapi yang membedakan keduanya adalah jenis layanan yang diberikan, yaitu :

1. KUANITAS PENGIRIMAN BARANG EKSPEDISI

Pengiriman barang ekspedisi biasanya tidak ada minimal berat. Pengiriman dengan jumlah berat 1 kg dapat dilakukan melalui pengiriman barang ekspedisi.

2. KUANTITAS PENGIRIMAN BARANG CARGO

Adapun untuk pengiriman barang cargo dapat didefinisikan sebagai pengiriman dalam jumlah yang besar. Biasanya diterapkan jumlah minimum berat dalam setiap pengirimannya. Pengiriman barang cargo ini memiliki kelebihan dalam tarif kirim yang relatif lebih murah.

3. PENGIRIMAN BARANG EKSPEDISI

Pengiriman barang ekspedisi biasanya memberikan layanan Door To Door yang bisa diambil dari tempat pengirim dan diantar hingga ke tempat penerima.

4. PENGIRIMAN BARANG CARGO

Layanan cargo biasanya tidak memberlakukan layanan jemput barang, sehingga pengirim harus mengantar barangnya ke tempat agen terdekat. Kemudian barang akan dikirimkan ke alamat tujuan penerima, ataupun diambil langsung oleh penerima di tempat agen tujuan. Hal tersebut disesuaikan dengan permintaan dan jenis jasa yang dipilih oleh pengirim barang.

KESIMPULAN

Pada dasarnya jasa ekspedisi dan cargo merupakan perusahaan jasa pengiriman yang sama, yaitu sama-sama jasa pengiriman dan pendistribusian barang. Akan tetapi, dalam penilaian dari sebagian masyarakat dikatakan bahwa jasa ekspedisi adalah jasa pengiriman ritel dengan jumlah yang sedikit. Sedangkan jasa cargo adalah pengiriman dalam jumlah besar yang hanya dapat digunakan khusus untuk pengiriman barang dalam jumlah banyak atau besar. Selain itu, pengiriman barang ekspedisi dapat langsung diambil di alamat pengirim, sedangkan dalam pengiriman cargo, pengirim harus mengantarkan barangnya ke tempat agen terdekat dan mengambil barang di tempat agen terdekat.

#PengirimanBarangPapua #EkspedisiMerauke #PengirimanPapua #CargoJayapura #CargoAmbon #CargoMaluku #EkspedisiPapua #CargoPapua #EkspedisiJayapura #CargoSorong #CargoMerauke #CargoManokwari #CargoIndonesiaTimur #EkspedisiMurah #CargoLaut #KirimMobil #KirimMotor #CargoBiak #CargoFakfak #CargoNabire #CargoRajaAmpat #CargoSerui #CargoSorong #CargoTimika #CargoWamena #CargoYakuhimo

Kategori

Post Terbaru

November 2022
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930